RESFAK FEB UTS :  Membangun Generasi Berintegritas, Berfikir Kritis, dan Memiliki Jiwa Kepemimpinan di Era 4.0

WhatsApp Image 2023-10-06 at 15.16.56 (1)

Sumbawa, UTS – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa menyelenggarakan acara “RESFAK: Membangun Generasi Berintegritas, Berfikir Kritis, dan Memiliki Jiwa Kepemimpinan di Era 4.0.” pada 20-23 September 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTS kepada mahasiswa baru.

Dalam rangkaian acara yang menghadirkan sejumlah pembicara terkemuka dari berbagai bidang, terdapat tokoh-tokoh inspiratif seperti H. Rai Saputra, S.I.P., Direktur BMT Insan Samawa, yang berbagi pengalaman dan wawasan mengenai dunia Entrepreneurship. Yulia Sasmiranti, S.E. turut berkontribusi dengan membagikan pengetahuan seputar Administrasi Umum, sementara Melinda Sukma, S.E. membahas terkait Keuangan. Rahmad, S.T. memberikan wawasan tentang melatih skill berargumentasi dan berpikir kritis, sedangkan La Ode Agustamil, S.Ak. memaparkan tentang Kepemimpinan.

Salah satu pembicara hebat yang hadir dalam acara ini adalah H. Rai Saputra, S.I.P. Direktur BMT Insan Samawa yang merupakan seorang pebisnis sukses yang telah membawa perusahaannya sukses di tengah perubahan teknologi yang cepat.

Dalam penyampaiannya H. Rai Saputra mengatakan, “Era 4.0 mengharuskan kita untuk menjadi lebih adaptif, berintegritas, dan mampu berpikir kritis. Karena hanya dengan memiliki integritas yang kuat, kita dapat mempertahankan kepercayaan pelanggan dan rekan bisnis. Kemampuan berpikir kritis akan memungkinkan kita untuk mengambil keputusan yang lebih baik, dan jiwa kepemimpinan akan memungkinkan kita untuk menggerakkan tim menuju kesuksesan.”

Selain itu, acara ini juga menampilkan berbagai workshop dan seminar yang menyoroti pentingnya pengetahuan mahasiswa baru terkait dengan Administrasi Umum dan Pimpinan yang didalam nya membahas mengenai penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIA) dan administrasi surat menyurat lainnya. Selain itu juga mahasiswa baru diberikan materi mengenai keuangan yang membahas tentang cara pembuatan Laporan Pertanggung Jawaban. Para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam diskusi mendalam dengan para pembicara/pemateri.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Diah Anggeraini, M.Sc. mengungkapkan, “saya percaya bahwa membekali mahasiswa baru dengan keterampilan ini akan mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin masa depan yang sukses dan berintegritas di Era 4.0 yang nantinya akan penuh dengan tantangan dan peluang.”

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa/i baru mengenal lingkungan sekitar dan menumbuhkan semangat masiswa/i dalam mengarungi dunia baru sebagai mahasiwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. (elv)