Kegiatan Magang Mahasiswa Akuntansi Di Kantor Badan Pengoelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ende

WhatsApp Image 2024-01-04 at 10.10.43

Magang merupakan suatu kegiatan pengaplikasian atau penerapan ilmu yang di dapat di dunia perkuliahan kemudian di terapkan ke dunia kerja yang sesungguhnya. Dalam kegiatan magang Mahasiswa diajak untuk terjun secara langsung ke dunia kerja guna menambah wawasan dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Tujuan utama magang yaitu untuk mempersiapkan mental mahasiswa dalam sebuah dunia kerja dan dapat memberikan keterampilan yang dibutuhkan oleh mitra tempat mahasiswa magang serta memupuk disiplin kerja dan profesionalisme dalam bekerja.      

Saya Fazira Azhari Faisal merupakan mahasiswa Program Studi Ekonomi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa yang melaksanakan kegiatan magang pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Ende yang berlokasi di Jl. Eltari Ende.

Saya memulai magang pada tanggal 18 September s/d 29 Desember 2023. Kegiatan magang dimulai dari jam 08.00 WIB – 17.00 WIB dengan sistem kerja 5 hari kerja yaitu mulai dari hari Senin-Jum’at, sedangkan Sabtu dan Minggu libur. Pada saat melaksanakan magang di BPKPAD saya ditempatkan di bagian sub bidang perbendaharaan. Selama kegiatan magang setiap minggunya saya selalu melakukan berbagai macam jenis kegiatan seperti Melayani Pengambilan berkas SP2D, input SP2D secara digital,Registrasi berkas SP2D, Melayani Pengambilan bukti E Belling pajak,dan Menerima berkas SPP/SPM dan menggagendakan surat masuk dan surat keluar.

 

Setelah kurang lebih 4 bulan saya melaksanakan magang di Badan Pengelolaan Keuangan,  dan Aset Daerah (BPKAD) saya mendapatkan banyak sekali pengalaman baru mulai dari pengetahuan tentang seberapa pentingnya pengelolaan keuangan dalam sebuah instansi karena pengelolaan keuangan merupakan bagian penting dalam mengelola finansial seseorang. Selain itu juga saya mengetahui sedikit banyaknya tentang dunia kerja melalui Badan Pengelolaan Keuangan,dan Aset Daerah (BPKPAD) yang merupakan lembaga Negara non Department. Dimana Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ende adalah Badan yang mengurus tentang keuangan pajak daerah di Kabupaten Ende.

Saya selaku mahasiswa magang sangat senang melakukan magang di BPKAD karna dengan adanya bimbingan dari pendamping magang serta kakak-kakak pegawai lainnya yang dengan senang hati telah mengajarkan saya tentang cara kerja di bagian sub bidang perbendaharaan sehingga saya mampu berkontribusi dalam pengerjaan tugas maupun kegiatan operasional pada bagian unit atau divisi yang terdapat di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKPAD), saya sadar bahwa dunia perkuliahan sangat berbeda dengan apa yang ada di dunia kerja, oleh karena itu dengan di adakannya kegiatan magang ini saya pribadi mendapatkan banyak manfaat yang dapat saya terapkan untuk kedepannya saat memasuki dunia kerja sesungguhnya.