KEGIATAN MAGANG DI DIVISI SUPPLY CHANGE MANAGEMENT (SCM) CABANG UTAMA MERAK PADA PT. ASDP INDONESIA FERRY (Persero)

WhatsApp Image 2024-01-03 at 08.57.31

Penulis : Tiara Anastasya Latuo, Nim(211009124), Program studi Manajemen,Universitas Teknologi Sumbawa
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Abdul Salam, S.E., M.M

Program magang MBKM Mandiri Universitas Teknologi Sumbawa adalah program yang memberikan kesempatan serta pengalaman kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktifitas di luar kelas perkuliahan. Melalui program ini, Mahasiswa dapat menjalani program kerja di berbagai instansi yang sesuai dengan bidang studi mahasiswa. Program magang MBKM adalah salah satu bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Program ini adalah kebijakan menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan di luar perkuliahan. Dengan mengikuti program MBKM ini mahasiswa dapat memperoleh pengalaman kerja yang berharga dan meningkatkan peluang pekerjaan setelah lulus nanti.

Adapun kegiatan yang di lakukan selama magang berlangsung di PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) adalah membantu dalam penyusunan dan pembuatan administrasi proses penyediaan SPB/J ( Surat Pemesanan Barang/Jasa ), mengikuti rapat dengan agenda yaitu penyampaian/pemasukan dokumen penawaran harga yang di sampaikan oleh calon penyedia barang/jasa atau vendor, ikut serta dalam pengecekan stock opnam suku cadang kapal.

Dalam pelaksanaan kerja magang yang di lakukan pada posisi divisi SCM yaitu proses terjadinya suatu pekerjaan yang melibatkan dengan calon penyedia barang/jasa atau vendor sehingga adanya surat pembuatan barang/jasa yang di mulai dari pembuatan undangan dan jadwal yang bertujuan untuk mengundang calon penyedia barang/jasa, pembuatan DKP ( Daftar Kuantitas Pekerjaan) yang bertujuan untuk mengetahui jumlah dan item pekerjaan yang harus di tawarkan, pembuatan lampiran nego yang bertujuan untuk dapat mengetahui berapa jumlah harga penawaran dan harga setelah negosiasi, Pembuatan berita acara  negosiasi harga untuk mengetahui tahapan proses pengadaan yang di sepakati  antara pihak calon penyedia dan pihak pengguna adapun yang di sepakati adalah harga, jangka waktu pelaksanaan dan spesifikasi pekerjaan, Pembuatan berita acara hasil pengadaan dan pembuatan SPB/J ( Surat Pemesanan Barang/jasa ).