MEMBENTUK MAHASISWA BERKOMPETEN PROGRAM MBKM UTS DI PT. JAVARCO TANJUNG BADAS KABUPATEN SUMBAWA

WhatsApp Image 2024-01-02 at 15.41.53

Sumbawa Besar – Dalam melaksanakan pendidikan di perguruan tinggi ada beberapa program yang di inisiasi oleh pemerintah, adapun program tersebut antara lain Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), salah satu dari kegiatan MBKM ini antara lain Internship Program seperti yang dilaksanakan di salah satu universitas di Pulau Sumbawa yaitu Universitas Teknologi Sumbawa. Internship Program merupakan suatu kegiatan yang di laksanakan oleh mahasiswa di luar kampus untuk memperoleh pengalaman baru dan dapat megaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah  mereka peroleh selama perkuliahan guna diaplikasikan di dunia perkerjaan selama beberapa bulan.

 

Dengan adanya program Merdeka ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa salah satunya bagi Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa dan dapat membentuk mahasiswa yang berkualitas dan berkompeten dan memperoleh pengalaman baru sebagai bekal untuk menghadapi dunia kerja nantinya.

 

Program Magang ini mahasiswa di berikan kebebasan dalam pemilihan tempat magang yang di inginkan dengan mengajukan sebuah proposal ke Perusahaan, salah satu perusahaannya yaitu PT.Javarco Tanjung Badas yang bertempat di Jl. Cenderawasih No.148, Brangbiji, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan data karyawan yang diperoleh mahasiswa, Jumlah keseluruhan karyawan dari PT. Javarco Tanjung Badas yakni berjumlah 51 orang beserta rekan magang “Muhammad Nizar” dari Program studi Manajemen Fakultas Eknomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dan PT. Javarco Tanjung Badas ini sendiri hanya memiliki satu kantor pusat dan tidak memiliki kantor

 

cabang. PT.Javarco Tanjung Badas merupakan salah satu perusahaan jasa yang bergerak pada bidang transportir bahan bakar minyak, stasiun pengisian bahan bakar minyak di SPBU, dan penyaluran gas LPG bersubsidi.

 

Rekan magang “Muhammad Nizar” ditugaskan dibidang administrasi di PT.Javarco Tanjung Badas seperti membantu kegiatan para admin melakukan pengantaran berkas penyaluran ke sopir yang bertugas, membuat surat jalan, scan laporan penjualan perbulan, mengantar berkas atau surat ke ekspedisi, menemani HRD berkunjung ke dinas perhubungan dan mengikuti berbagai kegiatan rapat yang dilaksanakan.Bukan hanya di bidang akademik Muhammad Nizar Menjalin silaturahmi dengan baik dengan rekan kerja di PT.Javarco.

Muhammad Nizar dalam menjalankan tugas di PT.Javarco dengan teliti dan disiplin, Keberhasilan Muhammad Nizar dalam menjalankan tugasnya selama program magang ini bukan hanya sekadar pencapaian pribadi, tetapi juga kontribusi berarti bagi efisiensi di lingkungan kerja. Dengan berbagai aktivitasnya Muhammad Nizar telah membuktikan bahwa mahasiswa melalui program Internship di Universitas Teknologi Sumbawa tidak hanya belajar di kampus tetapi juga mampu membawa perubahan positif di dunia profesional sesungguhnya terutama di dunia kerja.

Disisi lain dalam Program magang di anjurkan untuk mengerjakan beberapa tugas untuk menyempurnakan program magang dengan mengerjakanlogbook setiap bulan untuk mengukur kreativitas dengan menambah wawasan dalam berfikir.

Ucapan terima kasih yang tulus kepada PT.Javarco Kabupaten Sumbawa atas dukungan dan kerjasama yang luar biasa selama pelaksanaan Program UTS Internship Magang. Keterlibatan dan bimbingan yang berharga dari PT.Javarco Kabupaten Sumbawa telah menjadi landasan kokoh untuk mengaplikasikan pengetahuan akademis di dunia kerja.

 

”Tak lupa, penghargaan setinggi-tingginya, kepada Dosen Pembimbing atas Keberhasilan dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan, tidak terlepas dari arahan dan dukungan dari Dosen Pembimbing Ibu Nurasia S.M., M.Sc dan Dengan adanya kerjasama antara pimpinan PT.Javarco Kabupaten Sumbawa, dengan mentor magang Bapak Zaidun Syukri, serta ucapan terimakasih pada rekan kerja di PT.Javarco yang sudah menerima Rekan magang dari Universitas Tekonologi Sumbawa dengan baik. sehinngga berhasil menyelsaikan Program UTS Internship dengan sangat berkesan.